MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF (INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION)

MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF (INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION)

Pembelajaran konseptual interaktif (ICI) merupakan landasan pembelajaran keterampilan berpikir. Model pembelajaran ini adalah salah satu alternative model pembelajaran perubahan konseptual yang berbasis konstruktivistik.

ICI yang dikembangkan oleh Savinainen dan Scott (2002) sangat mendukung perkembangan keterampilan berpikir siswa dimulai dari tingkatan pemahaman konsep yang memerlukan suatu proses interaktif yang memberi peluang mengembangkan gagasan melalui proses dialog dan berpikir (Santyasa, dkk. 2004).

Model ICI terdiri atas empat tahapan yang tidak dapat dipisahkan, yaitu 1). Conceptual focus, 2). Classroom interaction, 3). Research-based materials, dan 4). Use of texts. Dalam implementasinya, keempat komponen ini membentuk pembelajaran yang utuh.

A.Conceptual Focus, yaitu pengembangan ide-ide baru yang berfokus pada pemahaman konseptual dengan sedikit atau bahkan tanpa formulasi matematik. Pada tahap ini, pembelajaran dimulai dengan pendemonstrasian fenomena-fenomena yang berkaitan dengan pokok bahasan yang akan dipelajari.

B. Classroom Interaction merupakan tahapan model ICI yang kedua. Pada tahapan ini dilibatka interaksi-interaksi kelas. Siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok yang heterogen. Tahapan ini didasari premis bahwa pembuatan makna merupakan dialog antar komunitas kelas untuk megembangkan gagasan melalui proses berpikir. Dalam interaksi kelas, terjadi pembelajaran yang melibatkan teman sebaya.

C. Research-Based Materials. Pertanyaan dan jawaban pada tahap Conceptual focus digunakan dalam pembuatan makana. Ulangan berbasis penelitia berfungsi mengembangkan pemahaman siswa. Ulangan berbasis penelitian juga merupakan alat diagnostic, yaitu asesmen yang dapat mengukur pemahaman siswa. Tahapan ini dapat berfungsi sebagai acuan dalam pembelajaran lebih lanjut.

D. Use of texts. Penggunaan buku teks dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman siswa secara lebih mendalam. Belajar dengan menggunakan buku teks dapat melibatkan siswa dalam metakognisi, proses-proses berpikir, keterampilan berpikir kritis dan kreatif, keterampilan berpikir inti, dan menghubungkan pengetahuan yang diperoleh melalui diskusi dengan pengetahuan yang didapat pada buku.

About these ads

2 Responses to “MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF (INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION)”


  1. 1 udhien 5 Agustus 2009 pukul 6:15 am

    kebetulan banget Tugas Akhir saya mengangkat mengenai ICI untuk mata pelajaran fisika dan secara jujur saya masih kekurangan referensi akan hal itu. Boleh minta yang lebih konkritnya lagi ga? Minimal judul2 buku dan pengarangnya yang terkait dengan ICI atau situs2 jurnal yang bisa saya kunjungi di internet agar bisa menambah referensi di Tugas akhir saya… mohon bantuannya..
    Hormatku (e_udhien@yahoo.co.id)

  2. 2 paul 15 Februari 2010 pukul 3:21 am

    saya juga mengambil tugas akhir tentang pembelajaran ICI… tapi berbasis comunikasi dan teknologi … gimana caranya ya… tolong ya k2


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: