Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Sains
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

A. Kompetensi Dasar
Siswa mampu mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan

B. Hasil Belajar
Siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis batuan yang ada di lingkungan sekitarnya

C. Indikator
a. Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis batuan.
b. Siswa mampu menggolongkan batuan berdasarkan jenis-jenisnya.
c. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari tiap jenis batuan.
d. Siswa mampu menjelaskan cirri-ciri batuan tiap jenis batuan.

D. Tujuan Perbaikan
a. Meningkatkan pengetahuan siswa tentang batuan melalui peragaan berupa bebatuan yang ada di lingkungan sekolah dan Alat Peraga Sains Koleksi Batuan.
b. Mengaktifkan siswa dengan mengikutsertakan siswa secara penuh dalam kegiatan-kegiatan saat pembelajaran.

E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal ( + 5 menit)
a. Koordinasi kelas
b. Apersepsi :
- Siswa menjawab pertanyaan guru tentang tempat manusia berpijak ( tanah).
- Siswa menjawab pertanyaan tentang unsur-unsur penyusun tanah (Batuan).
c. Guru menyampaikan tujuan dan rencana kegiatan pembelajaran kepada siswa

2. Kegiatan Inti ( + 50 menit)
a. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang heterogen dengan masing-masing kelompok beranggotakan 4 sampai 5 orang.
b. Masing-masing kelompok diberikan sebuah ember kecil yang akan digunnakan untuk menampung batu.
c. Tiap kelompok ditugaskan ke luar ruangan untuk mencari bebatuan berukuran kecil yang berbeda jenis yang ada di sekitar lingkungan sekolah dalam waktu 10 menit.
d. Setelah 10 menit, masing-masing kelompok kembali ke dalam kelas.
e. Masing-masing kelompok diberikan Alat Peraga Sains Koleksi Batuan ( isinya nama batuan berdasarkan jenisnya beserta sampel batuannya).
f. Tiap kelompok menggolongkan batuan yang diperoleh di sekitar lingkungan sekolah berdasarkan jenisnya dan menentukan nama batuannya dengan cara mencocokkan batuan tersebut dengan sampel batuan yang ada pada Alat Peraga Sains Koleksi Batuan.
g. Guru bersama-sama siswa melakukan penilaian atas batuan yang sudah digolongkan oleh masing-masing kelompok.
h. Guru memberikan penjelasan tambahan mengenai jenis batu yang tidak ditemukan di sekitar lingkungan sekolah.
i. Masing-masing kelompok mencari ciri-ciri masing-masing batuan dengan mengamati sampel batuan (batuan pada Alat Peraga Sains Koleksi Batuan dan batuan sebelumnya yang telah di ambil dari lingkungan sekitar sekolah saat awal kegiatan yang sudah digolongkan secara benar).
j. Perwakilan dari setiap kelompok menjelaskan hasil pekerjaannya di depan kelas.
k. Guru bersama-sama siswa menghimpun kembali penjelasan yang telah disampaikan masing-masing kelompok untuk menentukan ciri-ciri yang benar dari tiap jenis batuan.

3. Kegiatan Akhir ( + 15 menit)
a. Guru dan siswa melakukan refleksi atas kegiatan yang telah dilakukan.
b. Evaluasi

About these ads

2 Responses to “Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP)”


  1. 1 Irfa 14 Mei 2009 pukul 9:21 am

    Sblmny sy ucapkn bnyk trima kasi atas conto Rppnya,tp akn lbi baik bila ditambahkan materi,media, sumber dan evaluasi.

  2. 2 Aan Ansori 1 Februari 2010 pukul 11:27 am

    Kalau bisa lebih dirinci masing-masing kegiatannya sehingga merupakan satu rangkaian yang utuh. Terima kasih


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: