MODEL IMPLEMENTASI ASESMEN OTENTIK

Berikut ini adalah modifikasi dari model asesmen portofolio oleh Moya dan O’Malley (1994). Model tersebut disesuaikan dengan tiga komponen pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, Analisis, dan Pelaoran.

a. Perencanaan asesmen otentik
1. menentukan tujuan dan focus pembelajaran( SK, KD, indicator, domain yang diases )
2. merencanakan isi asesmen otentik meliputi pemilihan prosedur asesmen,menentukan isi, dan menentukan/menetapkan waktu asesmen
3. mendesain cara menganalisis data hasil asesmen
4. merencanakan langkah-langkah kegiatan asesmen
5. menentukan prosedur pengujian keakuratan informasi, yaitu menetapkan cara mengetahui validitas informasi dan reabilitas penilaian.

b. Imlementasi asesmen otentik
1. mengumumkan tujuan dan focus pembelajaran kepada siswa
2. menyepakati prosedur asesmen serta criteria penilaiannya
3. mendiskusikan cara-cara yang perlu dilakukan untuk mencapai hasil maaksimal
4. melakukan kegiatan asesmen sesuai dengan perencanaan dan kesepakatan bersama
5. memberikan umpan balik

c. Analisis dan pelaporan
1. menganalisis data yang telah terkumpulkan
2. memadukan hasil analisis dari berbagai data yang didapat
3. menerapkan criteria penilaian
4. melaporkan hasil asesmen

Asesmen portofolio merupakan jenis asesmen otentik yang paling komperhensif karena mencakup berbagai kenis asesmenlainnya dan juga tes objektif.

1 Response to “MODEL IMPLEMENTASI ASESMEN OTENTIK”


  1. 1 faiz 16 September 2009 pukul 12:28 am

    terima kasih pak wayan atas masukannya. bisa dijadikan bahan pendukung untuk tugas kuliah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: