Pancasila

PANCASILA

Posted by ShoZu

Mungkin kita sering mendengar kata Pancasila, akan tetapi apakah kita sudah benar-benar paham tentang Pancasila? untuk itu mari kita perhatikan penjelasan tentang Pancasila berikut agar kita bisa lebih mengenal Pancasila. Dalam artikel ini kana dibahas tentang :
1. Perumusan Pancasila
2. Fungsi Pancasila
3. Klasifikasi Arti dan Fungsi Pancasila
4. Tiga Perinsip Kepemimpinan Pancasila

I. Perumusan Pancasila
Perumusan dasar negara secara formal pertama kali dilakukan oleh Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang di bentuk pada tanggal 1 Maret 1945 dan diketuai oleh Dr. Rajiman Widyodiningrat. BPUPKI adalah badan yang memiliki tugas untuk menyelidiki dan mempelajari hal penting mengenai masalah tata pemerintahan atau pembentukan Indonesia merdeka. Peresmian dan penlantikan dari pengurus BPUPKI dilaksanakankan pada tanggal 22 Mei 1945.
Pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945, BPUPKI melaksanakan sidangnya yang ke pertama. Dalam sidang ini dinahas tentang perumusan dasar negara Indonesia. Dalam sidang tersebut terdapat bebrapa orang yang mencoba memberi gagasan mengenai dasar negara yaitu Dr. Moh. Yamin, Dr. Supomo, Dan Ir. Soekarno.
Gagasan dasar negara yang diusulkan oleh Moh. Yamin pada tanggal 29 Mei 1945 adalah sebagai berikut.
1. Peri Kebangsaan
2. Peri Kemanusiaan
3. Peri Ketuhanan
4. Peri Kerakyatan
5. Kesejahteraan Rakyat.
Gagasan yang di ajukan oleh Dr. Supomo pada tanggal 31 Mei 1945 adalah sebagai berikut.
1. Persatuan
2. Kekeluargaan
3. Mufakat dan Demokrasi
4. Musyawarah
5. Keadilan Rakyat.
Sementara gagasan yang diajukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 adalah sbagai berikut.
1. Kebangsaan Indonesia
2. Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan
3. Mufakat atau Demokrasi
4. Kesejahteraan Sosial
5. Ketuhanan yang Maha Esa.
Ir. Soekarno memberi nama usulan dasar negara tersebut dengan sebutan Pancasila, karena itulah pada tanggal 1 Juni dikenal dengan hari lahirnya Pancasila. Usulan tersebut ternyata mendapat dukungan dari BPUPKI dengan memberikan beberapa usulan perbaikan. Pada tanggal 22 Juni 1945, BPUPKI membetuk panitia yang bertugas membahas dan merumuskan dasar negara Indonesia dengan sebutan Panitia Sembilan dengan anggota sebagai berikut :
1. Ir. Soekarno ( ketua )
2. Drs. Moh. Hatta ( wakil ketua )
3. K. H. A wahid Hasyim
4. Kahar Muzakir
5. Mr. A. A. Maramis
6. Abikusno Tjokrosuyoso
7. H. agus salim
8. Mr. Achmad Soebarjo
9. Mr. Moh. Yamin.
Panitia tersebut menghasikan dasar negara yang disebut dengan Piagam Jakarta ? Jakarta Charter. Isi dari piagam Jakarta tersebut adalah :
1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan Syariat Islam bagi para pemeluknya.
2. Kemanusiaan yang adil dan berdab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dimimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia
Rumusan dasar negara diatas dterima dengan suara yang bulat. Pada tanggal 7 agustus 1945 BPUPKI dibubarkan oleh jepang dan digantikan oleh PPKI ( Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ). Pada tanggal 18 agustus 1945, PPKI melaksanakan sidangnnya yang pertama yang membahas tentang pembukaan dan UUD negara Republik Indonesia. Namun sebelum rapat dimulai Bung Karno mengajak beberapa tkoh Islam untuk membahas tentang pemeluk agama lain, terutama tokoh-tokoh dari Indonesia Timur merasa keberatan dengan kalimat “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan Syariat Islam bagi para pemeluknya Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan Syariat Islam bagi para pemeluknya”, dan mengancam akan mendirikan Negara Indonesia bagian Timur. Atas hal tersebut Bung Karno dan empat tokoh Islam yaitu : Mr. Kasman Singodimejo, Ki Bagus Hadikusumo, Wahid Hasyim, Moh. Hasan masuk kedalam suatu ruangan untuk bertukar pikiran mengenai cara pemecahan masalah tersebut. Dan akhirnya dalam waktu 15 menit dicapai kat sepakat dengan mengganti kalimat “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan Syariat Islam bagi para pemeluknya” dengan ” Ketuhanan Yang Maha Esa “.

0 Responses to “Pancasila”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: