Perkembangan Kognitif Manusia

Syarat penting yang harus dimiliki seorang pendidik(guru,orang tua,dll) selain menguasai materi ajar adalah seorang pendidik harus memiliki pengetahuan tentang fase-fase perkembangan kognitif manusia. Karena tiap manusia memiliki cara belajar yang berbeda-beda sesuai dengan usiany. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang dokter asal prancis yang bernama piaget.
Piaget membagi perkembangan kognitif manusia kedalam 4 fase. Adapun fase-fase perkembangan kognitif tersebut adalah sebagai berikut:

Posted by ShoZu

a. Stadium senso-motoris, usia 0,0-2,0. Pada stadium ini perkembangan kognitif anak nampak pada bentuk aktifitas motorik mereka sbagai reaksi stimulasi sensorik. Aktifitas motorik tersebut adalah gerak refleks,gerak mata mengikuti objek bergerak,meraih sesuatu dan sebagainya.

Posted by ShoZu

b. Stadium pra-oprasional,umur 2,0-7,0. Pada stadium ini anak sudah bisa melakukan sejumlah aktifitas, tetapi masih belum sistematis. Misalnya apabila kita menyuruh anak mengurutkan benda dengan ukuran berbeda,anak akan mengurutkan benda tersebut tanpa mengurutkannya dari yang terbesar ke yang terkecil atau sebaliknya.

Posted by ShoZu

c. Stadium oprasional konkrit,umur 7,0-11. Pada stadium ini anak sudah bisa melakukan aktifitas oprasional,tetapi masih pada hal2 yang konkrit saja. Begitu pula dengan cara belajarnya,anak hanya bisa menyerap informasi dari objek2 yg nyata dan berbentuk,atau mengalami langsung(seolah-olah mengalami langsung untuk yg bersifat sejarah) pristiwa yang dipelajari,teori2 berupa kata2 dan bagan2 tidak akan manjur jika diterapkan pada anak yang berada pada fase ini karena metode tersebut cendrung brsifat abstrak,jadi pendidik harus cerdik dalam membuat strategi pembelajaran.

Posted by ShoZu

d. Stadium oprasional formal,umur 11 keatas. Pada fase ini anak sudah bisa berfikir secara abstrak sehingga dapat memecahkan masalah yang tidak terikat kepada hal-hal yang bersifat konkrit.
Jadi,bagi anda para orang tua yang ingin mendidik anaknya, atau kakak yang ingin mengajari adikny cobalah mengajar/membimbing sesuai dengan kaidah diatas. .

0 Responses to “Perkembangan Kognitif Manusia”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: