Pertumbuhan Kanker dan Jenis-jenisnya

PERTUMBUHAN KANKER

Pertumbuhan adalah ciri-ciri alamiah tubuh manusia, sebagaimana halnya makhluk hidup pada umumnya. Tubuh terkembang dari sebuah sel yang telah dibuahi. Sel itu terbelah menjadi 4 dan seterusnya, sampai terbentuklah sebuah bola. Kemudianmulailah terjadi pembedaan-pembedaan sel menjadi bermacam-macam jaringan. Manusia normal tumbuh sampi ia menjadi manusia dewasa, dan kemudian ia brhenti tumbuh. Hanya bila ia terlukalah pertumbuhan tersebbut dapat terjadi lagi dan itupun hanya sampai pada tahap penyembuhan saja.

Kanker merupakan pertumbuhan sel yang liar dan tidak terkontrol, yang polanya sangat tidak beraturan. Sel ber kanker mempunyai bentuk yang tidak beraturan dan intinya besar juga tidak teratur. Sel kanker hanya sedikit bahkan tidak melakukan fungsi-fungsi sel manusia dewasa yang normal. Sel kanker pada pria besar kemungkinannya tumbuh di kulit, paru-paru, kelenjar prostat, dan usus. Sedangkan pada wanita, tempat yang paling umum adalah payudara, uterus, usus, kulit, dan perut.

Sel berkanker cendrung menyerang jaringan-jaringan di sekitarnya. Sel berkanker dapat melepaskan diri dari pertumbuhan induknya dan melalui darah dan peredaran getah bening pindah ke bagian-bagian tubuh yang lain. Di tempat baru itulah sel kanker memulai pertumbuhan ganas yang baru. Proses penyebaran kanker tersebut di sebut dengan metastatis.

Karena terus tumbuh secara tidak teratur, kanker-kanker tersebut akan menjadi tumor ganas yang dapat mengancam keselamatan jiwa. Tumor-tumor tersebut akan mengganggu fungsi-fungsi badani. Tekanan yang ditimbulkan oleh tumor tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat apabila sa raf sudah terkena. Gizi yang buruk akan sejalan dengan pertumbuhan kanker. Jaringan berkanker akan menyedot zat makanan yang masuk kedalam tubuh. Jaringan yang normal akan dengan sendirinya mengalami kekurangan zat makanan.

Posted by ShoZu

JENIS-JENIS KANKER

Berbagai kanker menyebabkan brbagai tanda dan gejala atau perubahan-perubahan fungsi jaringan atau bagian tubuh yang terkena kanker. Misalnya kanker hipofisis dapat menyebabkan pertumbuhan yang abnormal sehingga korbannya akan menjadi orang yang kerdil atau raksasa. Apabila yang terkena adalah pancreas, sering timbul berbagai ganggua pencernaan dan gejala kencing manis. Kalau tumbuh di otak atau urat saraf tulang belakang akan menyebabkan kelumpuhan. Beberapa kanker tertentu dapat merusak saluran darah dan menyebabkan kematian yang tiba-tiba karena adanya pendarahan.

Para dokter menggolong-golongkan jenis-jenis kanker menurut tempat asal kanker-kanker tersebut. Karisnoma adalah kanker yang timbul pada sel-sel kulit, membran pembungkus organ- organ dalam, dan organ kelenjar. Sarcoma tumbuh di otot, tulang, tulang rawan, dan jaringan-jaringan pengikat. Kanker yang berasal dari jaringan yang menopang jaringan-jaringan pengikat di otak dan system saraf pusat disebut dengan glioma. Suatu tipe pertumbuhan kanker lain yang sangat berbahaya adalah melanoma. Ini adalah tumor pigmen yang pertumbuhannya cepat. Kaker ini berasal dari jenis tahi lalat berpigmen yang terdapat pada kulit. Apabila tahi lalat di ganggu, ia dapat menjadi ganas dan kanker yang akan di timbulkannya akan menyebar dengan cepat.

Pada simpul-simpul getah bening dan jaringan-jaringan system getah bening yang lain dapat tumbuh pertumuhan kanker yang disebut dengan limfoma. Penyakit penyakit yang dikenal dengan penyakit Hodgkin ini sekarang diketahui sebagai suatu limfoma. Limfoma yang lain adalah leukemia limfatik, yang ditandai dengan pembesaran simpul-simpul getah bening. Pusat-pusat pembuatan sel darah putih dalam simful ini akan menjadi luar biasa aktif dan sebagai akibatnya jumlah sel darah putih akan menjadi terlalu besar. Hati dan limfa akan membesar diiringi dengan bentuk anemia yang akut.

1 Response to “Pertumbuhan Kanker dan Jenis-jenisnya”


  1. 1 Tea-we 27 April 2009 pukul 7:21 am

    Bnr bgt.
    Munk kanker i2 m0″k yg plink nkutn bwt smw klngn.
    Wlw ga se”rm HIV,v te”p z kn srm.
    Msq g2, ap pun yg trjd ykni z lw i2 yg t’bæk bwt qt.
    N smwx pst ad hkmhx.
    Key.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: