Desa Muncan dan Panca Bali Krama

Beginilah susana desa Muncan jika menjelang hari raya. Kali ini hari raya yang akan disambut adalah Hari Raya Galungan, Kuningan dan Nyepi. Sebenarnya masih ada hari raya lainnya yang waktunya berdekatan dengan ketiga hari besar tersebut, salah satunya adalah Panca Bali Krama.

Pada hari Rabu, 25 Maret 2009 umat Hindu di seantero Nusantara ini kembali merayakan Karya Agung Panca Bali Krama. Upacara ini diadakan setiap 10 tahun sekali (wah…Keren). Nah, pada tanggal 21 Maret 2009 ada upacara “mendak”(menjemput) Bhatara Besakih di Desa Muncan.
Dari pukul 07.00 warga Desa Muncan sudah stand by di jalan yang digunakan sebagai rute perjalanan upacara Mendak Ida Bhatara tersebut. Warga desa begitu antusias menanti kedatangan Ida Bhatara dan iringannya tersebut.

Tepat pukul 10.25 (menurut jam di hape saya) tibalah Ida Bhatara beserta iringannya tersebut di Desa Muncan.

Saat Ida Bhatara rauh mamargi semua warga desa memulai upacara persembahyangan memohon berkah dan anugrah dari bliau. Yasa (makanan dan minuman untuk para pengiring) yang secara di sediakan warga desa pun segera di tawarkan kepada para pengiring Ida Bhatara. Tampak beberapa orang mengabadikan moment tersebut tapi sayangnya saya tidak sempat mengabadikan momen berharga tersebut. Sekian untuk hari ini, mohon maaf jika ada salah kata, sampai jumpa lagi di postingan-postingan berikutnya.

0 Responses to “Desa Muncan dan Panca Bali Krama”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: